Elastomeric Bearing Pad - Karet Bantalan Jembatan - Elastomer Jembatan

Elastomeric Bearing Pad – Karet Bantalan Jembatan 

Elastomeric Bearing Pad

Elastomeric Bearing Pad 

Elastomeric bearing pad atau sering disebut juga dengan karet bantalan pada jembatan merupakan salah satu jenis dari bantalan penahan dari beban jembatan. Elastomeric bearing pada ini merupakan karet jembatan penyangga utama Girder dengan beton penyangga dari bagian bawah.

Elastomeric bearing pad berfungsi untuk menahan beban atau tekanan yang berapa pada jembatan.Sehingga tekanan atau beban yang diterima oleh jembatan dapat diminimalisir dengan adanya Elastomeric bearing pad (Karet bantalan jembatan) ketika ada beban melintasi jembatan tersebut, seperti kendaraan dan lain lain.

Elastomeric Bearing Pad

Fungsi dari Elastomeric Bearing Pad 

Fungsi dari Elastomeric bearing pad atau karet bantalan jembatan yaitu sebagai penyalur beban dan tekanan antara bangunan atas dengan bangunan yang berada dibawah jembatan. Pemasangan dari Elastomeric bearing pad pada jembatan bukan tanpa alasan. Ada banyak sekali manfaat yang diberikan pada jembatan sehingga beban dan tekanan yang diterima bisa diterima dengan baik dan disalurkan. Selain itu bantalan jembatan juga akan mengakomodasi berbagai gerakan yang terjadi sehingga peluang terjadi kerusakan pada mega struktur dan penyangga akan rendah.

Elastomeric bearing pad ini terdiri dari beberapa jenis dan memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Ada jenis Elastomeric bearing pad  yang digunakan pada jembatan kecil dan pendek dan ada juga yang digunakan pada jembatan yang panjang dan lebar.

Elastomeric Bearing Pad

Jenis Jenis Elastomeric Bearing Pad - Bantalan Jembatan

Terdapat berbagai macam jenis Elastomeric bearing pad yang sampai saat ini masih digunakan untuk membangun mega struktur jembatan.Masing - masing dari jenisnya biasanya memiliki spesifikasi yang berbeda - beda sehingga tidak bisa disama ratakan.

1.Bantalan Elastomer Polos

Elaastomeric Bearing Pad

Bantalan jembatan yang pertama adalah jenis polos atau hanya karet saja. Tidak ada tambahan lain dari Bantalan ini entah itu baja di dalamnya atau di atasnya. Bantalan jembatan jenis ini biasanya sangat mudah sekali untuk diinstal ke bawah jembatan dan mampu menahan beban yang besar.

Akan tetapi ada kemungkinan terjadi bulging sampai deformasi, bantalan jembatan ini hanya bisa digunakan untuk yang ukurannya tidak panjang atau tidak lebar. Selain itu pertimbangan load kendaraan yang akan lewat di atasnya juga tidak terlalu banyak.

2.Bantalan Elastomer Berlapis Baja di Atasnya  

Elastomeric Bearing Pad

Bantalan ini hampir sama dengan jenis bantalan polos yang sudah dibahas sebelumnya.Perbedaan dari Bantalan ini dengan Bantalan polos hanya berada pada lapisan atasnya saja. Kalau Bantalan jenis ini mempunyai lapisan baja yang akan membantu menerima tekanan dari atas,serta peluang terjadi bulging akan menjadi rendah.

Penambahan baja pada bantalan jenis ini juga bermanfaat untuk memudahkan akomodasi tekanan dari atas. Jadi bagian tengah pada struktur jembatan tidak akan mendapatkan tekanan terlalu besar. Selain itu deformasi pada bagian karet atau elastomernya juga sangat rendah.

3.Bantalan Elastomer Laminasi

Elastomeric Bearing Pad

Bantalan jenis ini juga merupakan bentuk lanjutan dari elastomeric bearing pad.Kalau jenis sebelumnya hanya menggunakan baja di bagian atasnya saja, bantalan jenis ini menggunakan cukup banyak lempeng baja di dalamnya. Biasanya terdapat sampai 5 lempeng baja yang disematkan untuk memperkuat.

Fungsi dari baja yang dimasukkan ke dalamn bantalan adalah mencegah terjadinya bulging dan deformasi. Jadi, meskipun terjadi gerakan yang cukup besar di bagian atas, kerusakan tidak akan terjadi. Bantalan elastomer ini cocok digunakan untuk jembatan yang besar dan panjang.

4.Bearing Pad Custom

Elastomeric Bearing Pad

Bantalan jenis ini memiliki bentuk yang berbeda dari tiga jenis yang sudah disebutkan sebelumnya. Perbedaan bantalan jenis ini terletak pada struktur yang digunakan. Ada bagian elastomer di bagian tengah, dua cover plat baja di atas dan bawah dengan 4 lubang. Digunakan untuk pemasangan pada jembatan rangka baja. Dibuat sesuai dengan kebutuhan di lapangan demi memudahkan aplikasi serta ketepatan posisi dalam pemasangannya.Ketika jembatan mendapatkan tekanan besar di atas gerakan, maka kemungkinan terjadi kerusakan akan kecil. Selain itu bantalan jenis ini juga sangat tahan lama dan tidak memerlukan banyak perawatan selama tidak ada tanda kerusakan.

Elastomeric Bearing Pad

Manfaat dari Elastomeric Bearing Pad

Salah satu manfaat dari Elastomeric Bearing Pad yang utama adalah kemampuannya dalam menahan beban yang sangat besar dari atas. Begitu beban dari atas diterima, bantalan akan mengakomodasinya dengan menyalurkan ke bawah atau penyangga. Fungsi ini akan meringankan tekanan yang diterima oleh mega struktur jembatan di atas.

Selain itu Elastomeric Bearing Pad dapat mengakomodasikan banyak gerakan.Saat ada beban yang sangat besar dari atas, jembatan tidak akan hanya mengalami tekanan cukup masif di bagian atas saja. Beban berat dari kendaraan yang bergerak juga mengakibatkan jembatan mengalami getaran dan bergerak maju atau mundur. Pergerakan ini biasanya akan diminimalkan dengan adanya sambungan siar muai, tapi efektif kalau ada bantalan jembatannya.

Elastomeric Bearing Pad juga memiliki manfaat menahan suhu ekstrim dan air,Meningkatkan usia pakai jembatan, serta Mengecilkan biaya konstruksi dan biaya perawatan jembatan

Pelayanan produk dan pemasangan Elastomeric Bearing Pad

Pemesanan Elastomeric Bearing Pad anda dapat menghubungi kontak kami CV. Mahameru Putra Mandiri Perkasa perusahaan Manufaktur Metal and Rubber Product yang memproduksi khusus di bidang konstruksi dermaga, jembatan dan bangunan di Indonesia. CV.Mahameru Putra Mandiri Perkasa juga melayani jasa pemasangan seluruh Bearing Pad ke seluruh jembatan di seluruh indonesia.Dengan menggunakan pemasangan metode yang baik serta keamanan yang safety.Karena pemasangan di area laut memiliki tingkat resiko yang sangat tinggi daripada pemasangan yang berada di daratan.

Mahameru Putra Mandiri Perkasa selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.Account Rekening atas nama perusahaan.Sehingga menjamin keamanan setiap transaksi dengan para konsumen.

Untuk pemesanan atau pemasangan Elastomeric Bearing Pad ini anda dapat menghubungi kontak dibawah ini atau kunjungi website kami :

Contact : 0822 4592 3265 

                                                Whatsapp : 0877 2228 5552

                                                Instagram : @mpmperkasa.official

                                                Website : www.mpmperkasa.com

Blog Post

Related Post

Cari Artikel